Menghapus salah satu bagian / list / account pada MYOB

Kali ini saya akan berikan pengenalan awal tentang akuntansi dan penggunaan MYOB.
Akuntansi adalah merupakan seni pencatatan, pengelompokan, dan pengikhtisaran menurut cara yang berarti dan dinyatakan dalam nilai uang, segala transaksi dan kejadian yang bersifat finansial dan kemudian menafsirkan hasilnya.
Sedangkan MYOB adalah sebuah software akuntansi yang berfungsi untuk membantu bagian keuangan dalam menyusun laporan keuangan secara lengkap, cepat dan akurat.
Selanjutnya kita akan belajar untuk menggunakan software MYOB, dan disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana menghapus salah satu bagian / list / account yang terdapat pada tab all account, asset, liability, equity, income, cost of sales, expense, other income, dan other expense serta bagaimana mengubah currencies atau nilai mata uang yang digunakan (default-nya adalah dollar).

Menghapus salah satu bagian / list / account
Dalam membuat akun baru (new account) atau mengubah akun (edit account) adalah hal yang cukup mudah karena button pilihan tersebut telah tersedia pada halaman depan, namun bagaimana jika kita kelebihan akun atau terdapat double accounts ? Kita harus menghapusnya, dan berikut adalah cara menghapus salah satu bagian / list / account yang terdapat pada tab all account, asset, liability, equity, income, cost of sales, expense, other income, dan other expense.
Pada Accounts List Window, double click pada salah satu account yang akan di hapus, misalkan pada account Paid Up Capital.

Maka akan muncul Edit Accounts Window, lalu click kanan pada sembarang tempat di area kosong Edit Accounts Window, maka akan muncul pilihan seperti digambar pilih Delete Account, dan account tersebut akan hilang tanpa adanya Confirmation Window.

 Mengubah currencies atau nilai mata uang yang digunakan
Pada MYOB, default mata uang yang digunakan adalah $. Bagaimana caranya untuk merubahnya dalam bentuk Rupiah (Rp) ?
Pertama - tama, kita harus menuju menubar pada bagian atas MYOB dan pilih setup. Kemudian pilih Preferences.

Lalu akan muncul Preferences Window dan berikan centang pada pilihan I Deal in Multiple Currencies [System-wide]. MYOB Premiere Window akan muncul, dan pilih OK kemudian klik OK lagi pada Preferences Window.

Sekarang kita kembali pada menubar, dan pilih List kemudian pilih Currencies.

Akan muncul Currencies List Window, kemudian double click pada Singapore Dollars [Local] dan muncullah Currency Information Window (disini perubahan hanya bisa dilakukan pada Singapore Dollars [Local] saja).

Lakukan perubahan data seperti gambar dibawah dan otomatis pada Currencies List datanya-pun akan langsung berubah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

K2 - Konstanta Joule

M3 - Momen Kelembaman